Saturday, March 13, 2010

Mempercepat Loading Web Jadi Lebih Cepat

Suatu malam sekitar jam 1 kurang, saya blog walking, waktu itu abis jalan-jalan ma saudara-saudara dari Pondok Indah Mall alias PIM. Trus baca postingan dari http://dadangsupriadi.wordpress.com/ yang isinya tentang bagaimana menaikkan jumlah pengunjung.

Tetapi pada posting saya kali ini saya akan membahas bagaimana cara mempercepat loading web anda agar lebih cepat (yang salah satu unsurnya juga terdapat pada tips bagaimana menaikkan jumlah pengunjung). Mengapa loading web atau dengan kata lain kecepatan membuka web di internet perlu dipercepat, karena menurut teori evolusi darwin  pada dunia web bahwa orang senang kalau pada kecepatan internet standart web bisa di buka dalam kurun waktu 0 sampai 10 detik, netters mulai tidak nyaman apabila kecepatan buka web berada di kisaran 11-25 detik dan lebih dari itu biasanya para pengguna internet akan langsung menutup web tersebut.



Berdasarkan teori tersebut saya akan mencoba memberikan beberapa tips kepada anda, agar web anda dapat di buka oleh pengguna internet atau pengunjung web anda dalam kisaran waktu kurang dari 20 detik.
1. Gunakanlah disain web yang simple
Maksudnya disini adalah buatlah disain web anda se-simple mungkin, tidak perlu memaksakan konten-konten yang meriah kalaupun tidak perlu (semisal script salju, disain flash penuh). Karena dengan disain yang simple menyebabkan pengunjung web anda akan nyaman dan cepat dalam akses web anda karena besar web anda akan semakin kecil. Dan tidak pula kalah pentingya, dengan disain yang simple omGoogle akan semakin cepat mengindex web anda.

2. Jangan terlalu banyak menggunakan Javascript
Penggunaan javascript untuk tujuan menambah tool itu sah-sah saja, tetapi yang perlu diingat bahwasanya semakin banyak javascript yang di letakkan  pada satu halaman web akan memperberat halaman web tersebut.

3. Jangan terlalu banyak menggunakan aplikasi / script dari pihak ketiga
Yang dimaksud disini adalah kadang kala kita ingin memberikan sentuhan lebih manis web kita dengan aplikasi / script tambahan dari pihak ketiga (misalanya jam digital, penunjuk waktu / tanggal atau embed flash player). Sebenarnya diperbolehkan saja penambahan seperti ini tetapi untuk ukuran kecepatan internet di Indonesia - yang kecepatan internetnya berkisar rata-rata antara 1 - 20 Kbps - sangat riskan untuk membuka web dengan cepat  jika terlalu banyak aplikasi / script dari pihak ketiga jika kita tempelkan  pada web kita.

4. Bersihkan script HTML yang tidak perlu
Usahakan menggunakan script HTML yang hemat - yang ini saya juga belum bisa - dan bersih, dengan semakin hemat dalam penggunakan HTML akan menguraingi besarnya file web kita.


5. Gunakan gambar / image seperlunya
Gambar adalah salah satu unsur pemanis, pembentuk dan penanda dalam web, tetapi alangkah lebih baik kalau penggunaan gambar tersebut tidak kita obral sembarangan mengingat kecepatan internet di negara kita masih tergolong lambretooo. Dengan menggunakan image seperlunya akan juga mempersingan web kita dan mempercepat loading web kita.

Demikian sedikit tips dari saya, saya harap tips ini bermanfaat meskipun tidak menjamin 100% dapat mempercepat web anda tapi paling tidak saya harap tips ini dapat sedikit mempercepat web anda.

17 comments :

  1. Info Tips yang sangat berguna mas.. makasih

    ReplyDelete
  2. sepakat semua dengan uraian di atas..

    ReplyDelete
  3. infonya mantep,..
    salam kenal http://bambangwisanggeni.wordpress.com

    ReplyDelete
  4. thanks mas tipsnya. :D
    n' saya mau nambahin dari tipsnya, yaitu convert gambar agar ukurannya menjadi lebih kecil dan process meload gambarpun menjadi lebih cepat :)

    ReplyDelete
  5. kalo buka blog gw, cepet gak ya? tergantung dari internet juga sih bos. kadang internetnya yang ngadat jadi lambreett

    ReplyDelete
  6. Iya, kalau loading blog yang lama, kadang tidak sabaran, hihi.

    ReplyDelete
  7. ban ... Om.... Kedatangan saya kesini mau Ngajakin tukeran link

    ReplyDelete
  8. Idem mas..hehe.. :-D
    tapi susah ya nyari template yang enteng dan menarik..kalopun ada udah banyak yang pake.. Salam kenal mas...

    ReplyDelete
  9. oke punya tips nya. memang ada beberapa blog yang sulit banget bahkan loadingnya lama. biasanya yang begini butuh kesabaran agar bisa masuk

    ReplyDelete
  10. perlu untuk dicoba nich .....
    berkunjung balik ya
    salam blogger
    makasich ..... :smile:

    ReplyDelete
  11. saya sudah menggunakan cara2 diatas tapi loading website saya kok tetap lambat ya ? mohon bantuan lebih jelas ya?

    www.probolinggo.biz

    ReplyDelete
  12. Jasa Membuat Website Blog Cepat dan Murah


    Sekarang anda tidak perlu lagi pusing dengan berbagai macam kode pemograman untuk membuat website dan blog yang profesional,elegan,dan menarik! Anda tinggal duduk santai,biar saya yang mengerjakannya untuk anda! Anda tinggal terima beres saja!


    Saat ini pengguna internet sudah mencapai lebih dari 30% dari jumlah penduduk Indonesia,dimana itu berarti Internet adalah sebuah peluang yang sangat besar untuk membuat bisnis kita menjadi jauh lebih maju dan dikenal oleh seluruh masyarakat seluruh Indonesia,bahkan seluruh dunia!

    Jalan terbaik untuk memasarkan bisnis kita didunia Internet adalah dengan menggunakan Website dan Blog.

    KAMI menawarkan jasa pembuatan Website dan Blog yang :

    PROFESIONAL

    ELEGAN

    MENARIK

    MURAH - TAPI TIDAK MURAHAN


    WEBSITE :

    1. WEBSITE UNTUK TOKO ONLINE
    2. WEBSITE UNTUK BISNIS INTERNET
    3. DLL...



    Selain itu, kami juga melayani Pembuatan BLOG, dengan menggunakan Wordpress yang Premium.

    Sangat murah, soalnya anda hanya tinggal Diam di rumah, website atau Blog pesanan anda siap kami kerjakan.


    HARGA ;

    Untuk Website : Rp. 3.000.000,-



    Untuk Blog : Rp. 750.000,- sampai Rp. 1.000.000,-

    MURAH DAN CEPAT



    PEMESANAN JASA PEMBUATAN WEBSITE DAN BLOG :



    Hubungi : http://iklan-iklanbarisgratis.blogspot.com/2010/08/jasa-membuat-website-blog-cepat-dan.html

    ReplyDelete
  13. bos gimna cara nya menghemat HTML yg kta booss..pang liatin di blog saya ^^ tengkyu

    ReplyDelete
  14. mkash Gan,
    sya belajar banyak sm sampean.

    ReplyDelete
  15. Ntar saya coba tipsnya, karna website saya templatenya ngak simple2 banget

    ReplyDelete
  16. trmksh gan tipsnya langsung ke TKP....

    ReplyDelete