Thursday, February 12, 2015

Akhirnya Lolos CPNS BPPT 2014

Setelah 5 kali ikut daftar Tes Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS dari tahun 2007 4 kali ikut tes dan 2 kali ikut wawancara, akhirnya aku berhasil lolos juga kali ini di usia yang mencapai 30 tahun alias usia senja untuk pendaftaran CPNS.

Tahun lalu aku juga ikut CPNS BPPT tahun 2013 dan berhasil lolos sampai tahap wawancara tapi akhirnya gagal juga setelah hanya berhasil sebagai cadangan ke-4.

Untuk CPNS tahun 2014 kali ini saya cukup banyak diuntungkan disamping saya sudah pernah ikut CPNS BPPT 2013 jadi grogi sudah sedikit berkurang, juga kebijakan dimana satu orang hanya boleh melamar satu instansi. Disamping itu kabar burung dimana pemerintahan baru Presiden Joko Widodo yang rencananya akan mengadakan moratorium CPNS mulai tahun 2015 membuat semangat ku mengikuti CPNS semakin besar.

Sebenarnya awal pendaftaran aku ga begitu tertarik atau bisa di bilang malas malasan dalam mendaftar CPNS BPPT, mengingat usia yang sudah menginjak 30 tahun dan juga pengalaman tahun lalu sempat wawancara tapi malah tidak lolos membuat ku sempat down. Tapi berkat dukungan dan doa Ibu ku yang tiap minggu dari bulan Juli 2014 selalu telpon aku untuk mendaftarkan CPNS dan bantuan dan dukungan istriku tercinta Zahroul Aliyah alias Uul sehingga akhirnya aku ikut juga CPNS BPPT tahun 2014.

Ternyata pengalaman ikut tes CPNS BPPT tahun 2013 sedikit banyak membantu saya, tingkat percaya diri saya menghadapi semua tes  CPNS BPPT 2014 semakin tinggi mengingat beberapa tes khususnya Psikologi hampir sama, dan yang paling penting adalah ke-PD an saya menghadapi wawancara terakhir CPNS BPPT.

Hasil nya lumayan Tes CAT BKN 2014 untuk CPNS BPPT adalah TKP 161 TIU 105 TWK 95 dan total 361, sedangkan tes CAT tahun 2013 saya hanya mendapatkan nilai 320 an. Selain itu dalam tes Psikologi saya termasuk peserta yang di rekomendasikan. Dimana tes Psikologi CPNS BPPT terdiri atas tes Gambar Pohon, Tes Gambar orang serta detail nya, Tes gambar orang, pohon dan rumah dalam satu gambar. Tes wartegg dan Tes EPPS.

Setelah lolos pengumuman, selanjutnya saya menghadapi tes terakhir yaitu wawancara, dimana pengetahuan, mental dan emosi diuji dihadapan 2-4 tim pewawancara, pertanyaan bisa berupa pengalaman kerja, teori (jika peneliti) cara kerja atau referensi kerja (biasanya ambil dari CV kita).


Dan akhirnya setelah menunggu kurang lebih 4 bulan dari awal pendaftaran  September 2014 akhirnya 30 Januari 2015 pengumuman hasil Final CPNS BPPT 2014 keluar yang menyatakan kalau saya lolos. Dan akhirnya pada 10 Febuari 2015 kemarin saya pemberkasan di kantor BPPT di kawasan PUSPITEK Serpong Tangerang Selatan. Tinggal menunggu pengumuman lagi untuk kapan mulai masuk orientasi.

Demikian sedikit pengalaman saya selama menjalani tes CPNS semoga bisa membantu teman-teman sekalian bagi yang ingin iktu CPNS tahun depan.

No comments :

Post a Comment