Thursday, October 25, 2012

Menabung Di BNI Syariah

Beberapa bulan yang lalu dikarenakan alasan untuk keperluan bisnis saya kemudian memutuskan untuk membuka rekening tambahan. Karena dalam bisnis banyak client / pelanggan saya menggunakan bank pemerintah macam BNI maka saya mencoba mencari BNI Syariah.



Alasan pemilihan cabang syariah BNI dikarenakan saya kepengen menggunakan tabungan ini berdasarkan syariah Islam. Dan ternyata Bank BNI Syariah ternayata sudah merupakan Bank tersendiri terpisah  dari bank BNI konvensional.

Untuk di Jabodetabek ternyata sudah banyak kok cabang Bank BNI Syariah, meskipun sudah berupa bank tersendiri tetapi urusan transfer dana bank BNI Syariah masih satu atap dengan BNI konvensional maka ga heran saat kita transfer dari bank lain maka kode bank BNI Syariah belum ada sehingga menggunakan kode bank BNI konvensional.



Ada lagi keuntungan dari BNI Syariah ini, transfer ke sesama BNI baik BNI Syariah ke BNI konvensional atau sebaliknya belum di pungut biaya. Kebetulan saya berkunjung ke BNI Syariah Depok dan mendaftar disana, hal ini karena pembukaan tabungan di Bank BNI Syariah harus sesuai domisili  KTP.

Tabungan yang saya pilih adalah tabungan iB Hasanah dimana
Tabungan iB Hasanah adalah simpanan dalam mata uang rupiah yang dikelola berdasarkan prinsip syariah dengan akad mudharabah muthlaqah atau akad wadiah. Mudharabah muthlaqah adalah akad antara pihak pemilik modal (shahibul maal) dengan pengelola (mudharib) untuk memperoleh keuntungan, yang kemudian akan dibagikan sesuai nisbah yang disepakati. Dalam hal ini, mudharib (bank) diberikan kekuasaan penuh untuk mengelola modal atau menentukan arah investasi sesuai syariah. Wadiah (titipan) adalah akad antara penitip (nasabah) dengan pihak yang dititipkan (Bank).
Akhirnya saya memilih yang akhad Wadiah atau titipan, ini karena ada fasilitas yang menguntungkan antara lain

Keuntungan: 
Mendapatkan BNI Syariah Card yang dapat dimanfaatkan sebagai:
Kartu Debit untuk belanja di merchant berlogo mastercard di seluruh dunia.
Kartu ATM melalui jaringan BNI ATM, ATM Bersama, ATM Link di seluruh Indonesia serta jaringan ATM Internasional Cirrus di seluruh dunia.
Mendapatkan bagi hasil yang kompetitif.
Layanan informasi dan dapat bertransaksi melalui E-banking (ATM, Call center 5789 9999 dan 500046, internet banking dan sms banking).
Layanan e-channel ini didukung oleh infrastruktur teknologi PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk.
Pembukaan rekening dan transaksi penarikan dan penyetoran dapat dilakukan di lebih dari 787 kantor cabang BNI dan 58 kantor cabang BNI Syariah.
Diikutsertakan dalam program penjaminan pemerintah.
Dapat dijadikan agunan pembiayaan.

Fasilitas: 
Buku Tabungan
Kartu ATM dan PIN
Autodebet untuk setoran bulanan Tapenas iB Hasanah dan Tabungan Haji iB Hasanah

Persyaratan: 
Mengisi formulir aplikasi pembukaan rekening.
Menunjukkan asli bukti identitas diri (KTP/SIM/Paspor) dan menyerahkan foto copy bukti identitas dimaksud.
Melakukan setoran awal Rp. 100.000,-

Spesifikasi Biaya Transaksi 
Biaya Administrasi per Bulan (Mudharabah)=IDR 5.000
Biaya Administrasi per Bulan (Wadiah)= IDR 0 (gratis) 
Biaya Pembuatan Kartu ATM=IDR 5.000
Biaya saldo di bawah minimum =IDR 2.500
Biaya Penutupan Rekening=IDR 10.000
Biaya Penggantian buku Tabungan=IDR 1.500
Biaya Penggantian Kartu ATM=IDR 10.000
Biaya Informasi Saldo di ATM BNI=0
Biaya Pembayaran Telepon=IDR 2.500
Biaya Transfer ke rekening BNI atau BNI Syariah=0
Biaya Pembayaran listrik = IDR 2.000
Biaya Informasi Saldo di ATM Bersama=IDR 3.000
Penarikan Tunai melalui ATM Bersama=IDR 5.000
Transfer melalui ATM Bersama=IDR 5.000
Transfer antar bank melalui Internet Banking (non RTGS)=IDR 5.000

Batasan Transaksi 
Maks. Penarikan Tunai melalui ATM=IDR 5.000.000
Batas Transfer ke rekening BNI/BNI Syariah melalui ATM BNI per Hari=IDR 50.000.000
Batas Transfer ke rekening BNI/BNI Syariah melalui Internet Banking per Hari=IDR 100.000.000
Batas Transfer melalui SMS Banking per Hari=IDR 10.000.000
Batas Transfer melalui Phone Plus per Hari =IVR : IDR 5.000.000,
 CSO : IDR 20.000.000, IDR 500.000.000 (terdaftar)
Maksimum belanja pada merchant per Hari=IDR 10.000.000
Maksimum pembelian Voucher Pulsa=IDR 2.000.000

Semoga informasi di atas membantu sebagai referensi bagi anda yang ingin memilih tabungan syariah, dan yang perlu diperhatikan saya bukan karyawan BNI Syariah, saya bukan team marketing dan juga saya tidak ada hubungan saudara dengan karyawan BNI Syariah. Posting ini hanya sebagai referensi aja tidak lebih.

14 comments :

  1. Alhamdulillah saya sudah membuka tabunagn di BNI syariah..

    ReplyDelete
  2. Insyaallah habis ini saya mau bikin juga :)

    ReplyDelete
  3. kalau punya rekening bni syariah lalu suatu saat nabung di bni konvensional itu bisa g ya?

    tertarik pengen buka rekening bank bni syariah nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengalaman ane sampe sekarang, tidak ada masalah gan, tidak ada biaya. ane buka tabungan iB Hasanah di malang, dan sekarang sering setor tunai di kantor bni konvensional cabang batam. perlu diperhatikan mungkin penyetor harus si pemilik tabungan, mungkin ada biaya transfer kalau beda orang.

      Delete
    2. kalo mau transfer, yang mau transfernya jangan bilang mau transfer, tapi mau setor, lalu sebutkan saja nama anda siapa, otomatis tidak akan kena biaya transfer, itu pengalaman saya sebelum saya punya rekening saat mau transfer uang ke paman saya, kata paman saya jangan bilang mau transfer, tapi mau setor. dan ternyata berhasil,... :) itu saja saran dari saya. thanks :)

      Delete
  4. @All untuk semua semoga niat yang bagus menghasilkan sesuatu yang bagus juga

    ReplyDelete
  5. Kalo tarik tunai di atm ada biayanya ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengalaman ane sih klo nariik di ATM BNI ga ada pemotongan biaya gan, klo di ATM BERSAMA ane ga ngerti dahhh mungkin ada biasanya kisaran Rp 3500 - Rp 5000

      Delete
  6. ane mau bikin juga tapi ana di luar daerah bisa gak ya?

    ReplyDelete
  7. jadi bikin nya yang akad wadiah ya gan

    ReplyDelete
  8. Gan, klo dr taplus muda BNI pindah ke syariah gimana caranya ya? Ane mesti tutup rekening dulu ato gimana? Trmks.

    ReplyDelete
  9. Assalamu'alaikum.
    Mas, Mbak, aku mau nanya nih berapa jumlah setoran minimum tiap bulannya kalo nabung di ib hasanah?? Apakah sama aja dgn setoran awalnya Rp100000?

    ReplyDelete