Saturday, April 17, 2010

PT Kereta Api Menghapus KA Parahyangan

Setelah lama melayani masyarakat Jakarta dan Bandung, mulai 27 April mendatang kabar sedih akan menghampiri masyarakat pengguna jasa kereta api Jakarta- Bandung. Kereta Api Bisnis (yang bermerk)  Parahyangan resmi tidak akan beroperasi lagi. Ini dikarenakan tingkat keterisian penumpang pada kereta ini menurut PT Kereta Api  (PT. KA)sangat lah rendah bahkan mencapai kurang dari 50%. Ini yang menyebabkan PT KA memutuskan untuk mem-pensiunkan Kereta API Parahyangan.



Tapi bagi anda yang biasa pulang-pergi Jakarta-Bandung maupun sebaliknya jangan kecewa dulu, karena rute tersebut nantinya akan tetap dilanyani oleh kereta api Argo gede.

Liputan6.com, Bandung: PT Kereta Api menghapus seluruh jadwal perjalanan KA Parahyangan jurusan Bandung-Jakarta mulai 27 April mendatang. "PT KA hanya mengoperasikan satu jenis KA eksekutif untuk koridor Bandung-Jakarta yakni KA Argo Gede," kata Vice President Pemasaran Angkutan Penumpang, Husein Nurroni di Bandung, Jawa Barat, Jumat (16/4).
Menurut Nurroni, keputusan penghapusan semua jadwal perjalanan KA Parahyangan dilakukan setelah kajian cukup lama dan telah dicoba dengan diskon tarif, namun hasilnya okupansi penumpang masih rendah yakni di bawah 50 persen. Rendahnya okupansi KA Parahyangan itu berlaku baik untuk pemberangkatan Bandung maupun Jakarta. KA itu hanya penuh pada week end saja.
Dalam koridor jarak pendek Bandung-Jakarta memang waktu tempuh lebih lama daripada tol Cipularang, meski pada jam-jam peak hour tentu waktu tempuh KA masih unggul. "Untuk perubahan jadwal itu, PT KA akan melakukan rescheduling untuk KA Argo Gede, bila perlu dengan diskon tarif pada jam-jam tertentu. Argo Gede melayani penumpang di Cimahi, Padalarang, Purwakarta, Bekasi dan Jatinegara," katanya.
Setelah melakukan rescheduling akan dilakukan penambahan rangkana kereta bisnis pada jam-jam tertentu mengakomodir penumpang kelas bisnis di KA Parahyangan. Sementara itu rangkaian KA Parahyangan itu akan dipakai untuk melakukan ekpansi dengan mengoperasikan KA Malabar Bandung-Malang mulai 30 April 2010 untuk memenuhi kebutuhan konsumen di jalur itu. - Sumber : http://berita.liputan6.com/ekbis/201004/272699/PT.KA.Hapus.Perjalanan.KA.Parahyangan

6 comments :

  1. Kenapa harus ditutup ya ?
    Mungkin sebaiknya dijadikan kereta kelas ekonomi saja dari pada ditutup.

    ReplyDelete
  2. sy juga liat di berita tentang ini, udah kalah saingan kayanya ni kereta

    ReplyDelete
  3. wah.. aku blom pernah naik kereta ke bandung, semoga sempet deh sebelum argo gede juga dihapus hehe..

    ReplyDelete
  4. nice info buat warga bandung-jakarta
    sip sip

    ReplyDelete
  5. untungnya saya jarang menggunakan KA kalo ke jkt...lebih suka naik bus...
    yah semoga saja penggantinya lebih baik dan nyaman amin...
    nice info bro...


    salam, ^_^

    ReplyDelete
  6. wah ditutup ya. iya sih soalnya kan dari jakarta ke bandung enakan naik bis :D

    ReplyDelete