Sunday, May 2, 2010

Beralih Ke Bank Syariah

Setelah sekian lama menggunakan jasa perbankan konvensional, dan setelah mendapatkan pencerahan dari temen kerja maka saya memutuskan untuk beralih ke jasa perbankan syariah mulai akhir bulan lalu. Pertimbangan nya adalah karena menggunakan jasa perbankan konvensional di ragunkan ke-tidak riba an nya sehingga lebih baik memilih jasa perbankan yang berbasis syariah yang menurut brosurnya bebas dari riba.





Meskipun menurut sebagian pengamat Bank Syariah di Indonesia juga belum menerapkan 100% anti riba tetapi saya yakin, pada brosur yang tertera dan yakin niat saya untuk menjuhi riba. Dari sekian banyak produk tabuangan dari unit syariah bank atau bank syariah yang ada, akhirnya saya putuskan untuk memilih Bank Muamalat. Pertimbangan nya adalah kantor cabangnya lebih dekat dengan kantor dan keunggulannya lainnya kartu debetnya bisa diambil di ATM bank lainnya baik itu yang berlogo BCA maupun berlogo ATM Bersama.

Meskipun begitu masih banyak kelemahan untuk bank syariah yang mungkin membuat orang agak enggan menabung, diantaranya cabang dari bank syariah di Indonesia masih sedikit ATM masih juga masih terbatas. Belum lagi potongan yang banyak sekali untuk ini dan itu padahal di bank konvensional tidak ada potongan semacam itu. Layanan penunjang kurang misalnya Internet banking, sms banking dan lainnya.

La tau gitu kok tetap saya memilih bak syariah... tidak lain adalah karena kepengen menjauhi riba.

5 comments :

  1. wah, saya belum bekerja.. nanti kalo sudah bekerja baru saya buka dah :)

    ReplyDelete
  2. yup setujuh om...
    jauh lebih baek lagi ke depannya...

    ReplyDelete
  3. saya masih pakai konvensional. gaji dari kantor masih ditransfer di bank konvensional

    ReplyDelete
  4. saya juga tertarik ikutan jadi nasabah bank syariah, mas, biar bener2 dapat berkah dunia akhirat.

    ReplyDelete
  5. aku juga gak punya nuy
    account bank syariah
    :D

    ReplyDelete