Saturday, November 28, 2015

Akhirnya Kelar Juga Pra Jabatan Golongan III

Komplek BUMI PPMKP Ciawi Bogor
Foto : lanri.info
Diklat Pra Jabatan yang merupakan syarat bagi calon pegawai negeri sipil atau biasa disingkat CPNS untuk bisa diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang wajib diikuti oleh seluruh CPNS di lingkungan BPPT. Diklat tersebut dimulai 7 Oktober sampai 21 November 2015, akhirnya kelar juga masa Pra Jabatan Golongan III Non Kementerian Pertanian 2015 angkatan 21 di Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) Ciawi Bogor.


Dalam waktu dua bulan tersebut aku menjalani serangkaian pelatihan dan kegiatan diklat dari subuh sampai sore hari yang sebelumnya telah dijadwalkan oleh pihak panitia diklat PPMKP Ciawi. Disamping itu juga aku kembali berkumpul dengan teman-teman CPNS BPPT seangkatan yang terakhir kali berkumpul di masa orientasi CPNS BPPT 2015.

Pada Prajab di PPMKP Ciawi, aku masuk angkatan 21 dengan jumlah peserta keseluruhan lebih dari 157 orang dan bergabung dengan teman-teman dari instansi lain seperti Perpusnas, Kemenkopolhukam, Komisi Yudisial dan B2TKI. Kebetulan pula dari angkatan 21-24 hanya angkatan 21 yang berjumlah 40 orang yang homogen yaitu berasal dari BPPT seluruhnya. Padahal di angkatan lain di campur semuanya.


Pada Prajab tahun 2015 mulai ada perbedaan dibandingkan prajabatan sebelumnya, kalau sebelumnya setahu aku lebih berorientasi pada kedisiplinan pada para peserta prajab, kalau tahun 2015 ini ada perubahan semacam kurikulum dimana para peserta prajab dituntut untuk bisa mengaktualisasikan nilai-nilai ANEKA pada pekerjaan yang akan peserta prajab lakukan di unit kerja masing-masing.


Apa itu ANEKA yaitu nilai-nilai Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika publik, Komitmen mutu dan Anti Korupsi. Pada prajab tahun 2015 ini, peserta diharapkan mampu menyerap nilai-nilai ANEKA tersebut dan mengaktualisasikan pada lingkungan kerja.

Pada kelas diklat juga kalau dibandingkan dengan teman-teman yang sudah pernah diklat prajab ada perubahan, pada diklat prajabat tahun 2015 metode mengajar "guru menjelaskan dan peserta didik menulis" mulai di kurangi hingga tinggal 40-50% dari total jam keseluruhan dalam sehari. Sisanya dibuat untuk diskusi dan membuat sistem pembelajaran yang lain seperti membuat video pembelajaran dan menyaksikan video yang merupak penunjang modul yang dibuat  oleh LAN.

Pada diklat pra jabatan 2015 dibagi menjadi 3 sesi, sesi pertama selama 2 minggu lebih di adakan PPMKP Ciawi dengan metode pembelajaran seperti diatas. Sesi kedua adalah aplikasi materi, teori pembelajaran dilingkungan kerja masing-masing peserta diklat yang dilaksanakan pada 28 Oktober - 17 November 2015. Selain itu pembeda dengan diklat pra jabatan sebelumnya, diklat tahun ini diwajibkan membuat laporan hasil aktualisasi di unit kerja. Dan sesi terakhir yaitu Seminar hasil laporan aktualisasi selama di unit kerja yang dihadiri pula oleh mentor masing-masing peserta diklat pra jabatan, kembali dilakukan di Ciawi selama 4 hari 18-21 November 2015.

Pada malam akhir penyerahan surat tanda kelulusan di umumkan bahwa seluruh peserta diklat pra jabatan non kementerian pertanian golongan III angatan 21-24 dinyatakan 100% lulus.

No comments :

Post a Comment