Tuesday, November 2, 2010

Apa Itu Keylogger

Setelah sebelumnya menulis tentang "Tips Terhindar Dari Pencurian Data Di Dunia Maya", laaa...  ini kelanjutannya, karena pada postingan sebelumnya saya membahas tentang Key logger maka saat ini saya akan mencoba membahas sedikit mengenai apa itu key logger.



Tidak banyak yang tau bahwa di komputer yang tersambung dengan internet ternyata terdapat juga software yang jahat, beberapa diantaranya kita namakan virus, worm dan yang lainnya adalah key logger. Keylogger tidak banyak dikenal oleh kalangan awam, bahkan saya sendiri baru mengetahui jenis software ini beberapa minggu terakhir.

Menurut wikipedia key logger adalah
Keylogger merupakan sebuah perangkat baik perangkat keras atau perangkat lunak yang digunakan untuk memantau penekanan tombol keyboard. Sebuah keylogger biasanya akan menyimpan hasil pemantauan penekanan tombol keyboard tersebut ke dalam sebuah berkas log/catatan/rekaman. Beberapa keylogger tertentu bahkan dapat mengirimkan hasil rekamannya ke e-mail tertentu secara periodik.

So!!!! jadi ini merupakan salah satu juga program jahat yang harus kita waspadai, kenapa ??? karena software ini dapat merekam apapun aktivitas keyboard baik saat kita login dan lainnya. Tak sedikit akun Facebook, dan web lainnya yang jebol karena program ini. Hal yang membuat kita miris adalah saat akun anda disalah gunakan dengan tujuan yang tidak baik.

Untuk itu anda perlu berhati-hati dalam menjelajahi dunia maya, sedangkan tips untuk menjelajah dunia maya yang aman sudah saya tulis di posting "Tips Terhindar Dari Pencurian Data Di Dunia Maya" sedangkan untuk tips mengkal key logger mungkin di posting berikutnya saya akan bahas.

3 comments :

  1. Hai, salam persahabatan sebelumnya. Maaf baru bisa melakukan kunjungan balik karena habis melakukan perjalanan panjang ke Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia dalam rangka mengikuti kegiatan New Media Dialogue + Borneo Bloggers Award 2010. Thanks...

    ReplyDelete
  2. wah saya baru tahu nih
    terima kasih ya sudah memberitahu

    ReplyDelete
  3. AIh takut juga nih kalau-kalau pc di kantor juga dipasang keylogger heuheuee...

    ReplyDelete