Sunday, May 16, 2010

Tips Ponsel Terkena Air

Bagi anda pengguna ponsel dan mengalami kejadian ponsel terkena air atau jatu ke tempat yang basah, pasti anda akan cemas dan khawatir dengan ponsel atau HP anda. Berikut ini tips ringan pertolongan pertama pada HP saat ponsel anda terkena air atau jatuh di tempat yang basah yang saya dapat dari forum.


1. Segera cabut baterai ponsel dan jangan pernah menyalakan ponsel ketika masih basah karena bisa menyebab terjadinya korslet sehingga bisa rusaknya komponen ponsel.
2. Ambil kain yang kering untuk mengeringkan ponsel, jangan lupa buka casingnya dan keringkan layar serta tombol ponsel menggunakan kain kering tersebut.
3. Ambil hair dryer atau kipas angin (sekitar 15-30 menit) untuk membantu mengeringkan ponsel. Ingat berilah jarak antara hair dryer dengan komponen ponsel, jangan terlalu dekat (kira-kira 15-30cm) karena bisa mempengaruhi komponen IC. Kalau tidak ada hair dryer, bisa juga menjemur ponsel di terik siang hari agar ponsel benar-benar kering, tetapi harus dipisahkan antara baterai dengan ponsel.
4. Bila ponsel kamu telah benar-benar kering, selanjutnya pasang kembali baterai ponsel, dan coba nyalakan. Kalau kamu melihat cahaya dari keypad ponsel (bukan dari layar), ini adalah pertanda baik. Karena berarti ponsel kamu masih bisa dipakai.
5. Cobalah menekan nomor telepon seperti biasa, walaupun kondisi layar masih dalam keadaan gelap. Kalau ada nada panggilan, itu artinya layar akan kembali normal.

Tips diatas tidak menjamin 100% ponsel akan baik seperti sedia kala, tetapi apa salahnya kalau di coba, sekian.

Sumber : http://forum.vivanews.com/showthread.php?t=15326

6 comments :

  1. 3 HP saya pernah 'berendam' selama 3 jam mas, saya buka semua, lalu saya jemur selama 3 jam di bawah terik matahari yang sangat panas. habis gitu didiamkan dulu jangan dipasang, lalu besoknya dijemur lagi. kalo cuman haid dryer ndak cukup mas kalo sampe berendam lama. jangan buru2 menyalakan karena bisa jadi malah rusak..

    alhamdulillah nyala semua

    ReplyDelete
  2. Makasih tipsnya...
    Hal yang sering terjadi dan bisa menimpa siapa saja...

    Salam buat Mas Ario...

    ReplyDelete
  3. punya temen gue nyemplung ke kolam renang hapenya langsung mati bang

    tapi gapapa deh smoga aja tipsnya manjur
    ckck

    ReplyDelete
  4. yups, tis di atas hanyalah pertolongan pertama pada HP yang mekasukan air, sekali lagi tidak menjamin bisa kembali normal 100%

    ReplyDelete
  5. tips yg bermanfaat bro...
    trimakasih udh share....
    semoga bermanfaat buat kita semua amin...

    ReplyDelete
  6. bermanfaat bgt sob postingannya...
    thanx

    ReplyDelete