Tuesday, July 18, 2006

OS Pertama Berbasis Web

Saya begitu terkejut melihat berita terbaru di sebuah media, yang berisikan tentang OS Pertama berbasis web. Trus aku mulai coba deh, web tersebut beralamatkan di www.youos.com. Web ini berbasiskan javascript yang di develop oleh anak-anak MIT.

Tampiulan pertama setelah loading selesai adalah halaman pendaftaran, anda dipersilahkan mendaftarkan diri dengan hanya mengisi user dane-mail. Setelah itu anda akan dikirimi e-mail balasan yang berisikan user dan password untuk login.

Setelah login... (Untuk akses dengan bandwith 128Kbps akan membutuhkan waktu kurang lebih 20 detik klo malam.) wah.... hebat tampilannya mirip dengan tampilan OS yang sudah ada sebelumnya, OS berbasis web ini juga dilengkapi dengan browser yang bisa untuk membuka web, chatting, rich text editor untuk editor tex dan masih banyak lai yang lannya. Masing-masing program dapat dibuka kurang lebih 7-10 detik dengan bandwith yang sama.

Alhasil menurut penilaian aku, ini merupakan terobosan yang cukup bagus. Dan harapanku suatu hari nanti aku gak perlu lagi instal Dreamweaver di OSku, dan bisa menjalankan via web (sama seperti chatting via web dengan meebo) mungkin sebentar lagi akan menjadi kenyataan.

Sehingga suatu hari nanti juga komputer hanya memerlukan software browser saja untuk membuka berbagai aplikasi.

16 comments :

  1. wah baru tahu nih tentang ini. idenya creative banget. tapi memang ini berarti OS diatas OS ya ? sayang di kantor ane nggak bisa dibuka, timeout.

    ReplyDelete
  2. OS ku opo to kang? *Lemot banget ki:D* btw, menilik tulisan profil Ario di samping: "bersedia mendesain web milik company ato perorangan?" Slurrrruppppp....mau duonk, blogku diotak-atik, *berharap sambil ngences:D*...nyway thx...ucapan ultahnya

    ReplyDelete
  3. waks!! kereeeennn abis gitu nyoba versi demonya... sip dah kang, trims inponya. Sayangnya ya itu, lama...

    ReplyDelete
  4. Bagus bagus....
    Tumben postingannya berbobot he he

    ReplyDelete
  5. temen gue juga ikutan nyediain layanan yang sama tuh di sini
    coba aja

    ReplyDelete
  6. hmm,,, keknya bagus, tapi saya tetep binun. lah, ntar kalo koneksinya lelet gimana dong?

    ReplyDelete
  7. OOT, mas ario kalau mau pesan cd ubuntu, tinggal ke http://shipit.ubuntu.com aja :)

    ReplyDelete
  8. oalah..pantesan sampeyan berkecimpung di bidang IT dadi heran lihat orang baru tahu internet unlimited, hehehe padahal maksudku internet unlimited sing murah meriah mas, terjangkau sama budget belanja bulanan. Nek ngono aku njaluk tulung mas, ubuntu-ku gak iso nyambung karo hp r520m sing arep tak gawe modem gawe internetan. bojoku wis ngoprek tp sik tetep gak iso :( Suwun sak durunge yo mas.

    ReplyDelete
  9. Hi, met wiken yah... :D

    Btw, postingnya IT banget nih... :) Klo orang awam (seperti saya) ga gitu ngerti deh, he3...

    ReplyDelete
  10. wow.. interesting post..

    makasih udah mampir yah! :) salam kenal jg

    ReplyDelete
  11. wah MIT hebat deh ya.
    Mungkin ini masa depan cerah utk negara indo yg internetnya lelet. hehe

    ReplyDelete