Tuesday, April 8, 2008

SMA VS SMK

Ini adalah kisah dua sekolah yang sekarang ada di Indonesia, Konon katanya SMK oleh orang tua sangat di sepelekan, mengapa ?? ada yang bilang SMK sering tawuran ada juga yang bilang "Mau jadi apa to le.. kamu masuk SMK ???" dua dari banyak alasan itulah yang sering di lontarkan orangtua kepada anaknya setelah mereka keluar dari SMP/SLTP. Nah lo..!! trus apa yang salah dengan SMK ???

Berikut saya coba kupas antara SMA dan SMK. Menurut pendapat Prof. DR. mpu Betoro Mangku Wanito Limo Tanpo Busono, S. Sexologi M. Ml beliau bersabda bahwa SMA sebenarnya cocok untuk mereka yang belum memiliki pandangan ke depan mengenai ilmu/jurusan apa yang hendak mereka keluti di kemudian hari. Jadi di SMA kita di-didik semua mata pelajaran baik sains maupun sosial dan juga sastra.

La.. klo SMK gimana ?? la klo sekolah yang satu ini Prof. DR. mpu Betoro Mangku Wanito Limo Tanpo Busono, S. Sexologi M. Ml kembali berpendapat bahwa klo si anak sudah menentukan kedepannya mau jadi apa misalnya mau jadi Ekonom ato mau jadi Akuntan ato mau jadi Peternak ato mau jadi teknisi ato... mungkin juga mau wira usaha buka bengkel de el el, walhasil anak itu harus di masukkan di SMK. Mengapa ini terjadi karena di SMK siswa di beri ketrampilan yang di SMA dia tidak akan mendapatkannya.

Dan bahan jangan memandang sebelah mata bahwa SMK lulusannya lebih mumpuni (karena siap kerja) dari pada lulusan SMA, sehingga anggapan kuno belakangan ini menurut saya adalah tidak beralasan.

So.. bagi ortu lebih bijaklah berfikir dan arahkan anak anda kepada sekolah yang bagus, dan sesuai dengan bakat dia.

13 comments :

  1. kalo di jogja smk itu diakui lho mas, yang masuk memang anak-anak yang cerdas :) *dulu smuku tetanggaan ma smk, huehe*

    ReplyDelete
  2. Wahaaa, pas banged kmaren2 aku mantengin iklan soal SMK ini yg ada Lidya Kandau sama Didi Petet dan Tantowi Yahyanya.

    Hmmm, yah, sebenernya aku kok kurang percaya ya kalo bener2 ada jaminan kerja kecuali dari instansi2 yg memang punya link ke tempat kerja itu sendiri.

    Yah, lulus SMA pun belum tentu kuliah, kuliah pun belum tentu bisa cepet dpt kerja, kayanya jg SMK belum tentu jg bisa kerja sesuai dgn bidang kejuruannya.

    Jadi sebenernya yah itu tergantung orgnya itu sendiri, mau skolah di mana jugak, klo gak bisa mengaplikasikan ilmu dgn baik, ya ga bakalan sukses!

    betul tidaaak?
    *malah ceramah*

    ReplyDelete
  3. tapi kenapa harus pakar ginekolog cabul yg bersabda. pak mangkuwanitolimo wkwkwk. yg jelas smk skarang ga kalah kelas ma sma. pmasalahan hanya kalah pamor. pemikiran warga masyarakat harus didobrak tentang smk dan bagaimana smk itu sendiri. he

    ReplyDelete
  4. Tetanggaku banyak yg dari SMK, en sukses2 semuanya. Ada yg jadi Milyuner, ada juga yg pinter web design, ada juga yg jadi kontraktor, dll.
    Sekolah itu gak penting dimana. Yang penting anaknya niat ato gak. Ada kemauan apa gak. Itu yg jauh lebih penting.

    ReplyDelete
  5. *tapi cen cah-cah SMK (sek ndugal) kie nakal-nakal :D

    ReplyDelete
  6. soal pilihan hidup mestinya jangan diintervensi lah... (halah bahasane...)

    ReplyDelete
  7. isdahahmad dot netApril 9, 2008 at 11:03 AM

    malang tuh sekolah dengan smk terbanyak, katanya seeh... *cari info lanjutan*

    ReplyDelete
  8. Aslkm..sy juga tamat SMK, Alhamdulillah selesai sekolah langsung diterima kerja. kawan2 di SMK banyak yg cerdas2, mereka bahkan mampu menembus PTN bergengsi di negeri ini spt.ITB dll. buat keluarga yg kurang mampu bagusnya SMK aja deh,karna tamat SMK siap pake bisa kerja, kalo mo kuliah juga bisa. dapt 2 kesempatan. Kerja dan Kuliah.

    ReplyDelete
  9. Ya konon katanya...

    Orang miskin kalah ama orang kaya

    Orang bodoh kalah ama orang
    cerdas/pintar

    Tapi orang kaya ama orang cerdas/pintar kalah ama orang yg beruntung(selalu beruntung ato bahasa Medura nya "Lucky Man/Women)

    Ya... Moga aja kita termasuk orang yang beruntung...

    he...he... ^-^

    ReplyDelete
  10. semua memang terserah yang menjalani, memberikan wacana dan pandangan memang perlu, tapi tidak memaksakan!

    ReplyDelete
  11. heheh...gw aja lulusan SMK bisa tembus PTN bergengsi ITS, bro...en banyak teman2 asal muasalnya SMK yang gradenya tinggi tuh di kampus, okelah semester 1-2, kita nyembah2 sama anak SMA, cause anak SMA bisa banget sama matematika, fisika, dan kimia, semester 3-8, ga ada tuh anak SMA yang bisa praktek, malah payah2...ngalah lah untuk 2 semester, lagian gituan kan, ga penting banget tuk kerjaan, ga bisa matematika semester 1-2 gpp, yang penting bis itung duit buat kost dan hidup.heheheh jadi ngelantur neh

    ReplyDelete
  12. ehm,......
    stlah leat comment2nya
    q jd bgun mu comment gmn....
    dlu aq smpet pngeeeeeen bgt k SMA
    tp akhirnya krena sswatu hal q k SMK..
    prtmanya gmn gtu,SMK........???? TAPI
    stlah djalanin...heeemmmm g dsangka2
    nyenengin jg kok,...jd tu seh sbnernya trgntung njlaninnya gmn....
    SMA or SMK??? Up to U....

    ReplyDelete