Wednesday, April 29, 2015

Mari Jadikan Semangat KAA Sebagai Pemersatu Semua Umat Manusia

Konferensi Asia Afrika yang biasa disebut KAA adalah salah satu organisasi non-blok yang mempunyai sejarah panjang. Konferensi ini beranggotakan negara-negara di benua asia dan afrika. Pada tahun ini Konferensi Asia Afrika  diadakan tanggal 19-24 April di Indonesia dengan mengusung tema kerja sama promosi perdamaian dan kesejahteraan dunia, selain membahas kerja sama bilateral antara negara Selatan-Selatan KAA kali ini  juga sebagai peringatan 60 tahun KAA di Gedung Merdeka Bandung.

Peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika dimulai dengan Senior Official Meeting (SOM) yang dibuka Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. KAA akan berlangsung di Jakarta dan Bandung, 22 hingga 24 April mendatang. Dua hari pertama akan berlangsung di Jakarta, dan puncak peringatannya akan berlangsung pada 24 April di Bandung, lokasi penyelengaraaan KAA, 60 tahun lalu. Peringatan 60 tahun KAA akan dihadiri perwakilan dari 89 negara, melibatkan sekitar 30 kepala negara atau wakil kepala negara dan pemerintahan.

Adapun yang dihasilkan dari Konferensi Asia Afrika kali ini adalah 3 dokumen yaitu pesan Bandung 2015, yaitu Pertama penguatan kerja sama selatan-selatan untuk mendukung perdamaian dan kemakmuran. Kedua, deklarasi penyegaran kemitraan strategis baru Asia Afrika. Ketiga, deklarasi tentang Palestina. Pesan Bandung berisi target-target yang harus dicapai serta rencana kerjasama yang akan dijalin negara Asia Afrika, mulai dari isu demokrasi, HAM, pemerintahan, sampai reformasi PBB. Konferensi Asia Afrika juga mendorong tercapainya kerjasama yang saling menguntungkan agar dapat menjembatani kesenjangan pembangunan di kawasan dan merealisasikan kemerdekaan Palestina.

KAA  juga berhasil menyusun kerangka operasional mekanisme pemantauan atas implementasi tiga dokumen tersebut. Para Menteri Luar Negeri  diminta untuk melakukan pertemuan dua tahun sekali disela-sela sidang umum PBB untuk membahas perkembangan hasil konferensi Asia Afrika 2015 di Jakarta.

Sidang konferensi Asia Afrika juga sepakat menetapkan 24 April sebagai hari Asia Afrika dan menetapkan Bandung sebagai ibukota solidaritas Asia Afrika.

No comments :

Post a Comment