Wednesday, January 5, 2011

Mulai 2011 Fiskal Gratis

Setelah beberapa tahun DIRJEN PAJAK memberlakukan bebas fiskal ke luar negeri sebagai hadiah jika wajib pajak Indonesia mau untuk memiliki NPWP, maka mulai awal tahun ini 1 Januari 2011 Fiskal akan di bebaskan.


Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah akan memberlakukan bebas fiskal keluar negeri secara penuh mulai 1 Januari 2011.

Direktur Penyuluhan Pelayanan dan Humas Ditjen Pajak, M Iqbal Alamsyah dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa, menyebutkan, semula bebas fiskal keluar negeri hanya diberlakukan bagi mereka yang memiliki nomor pokok wajib pajak (NPWP).

Mulai 1 Januari 2011, Ditjen Pajak memberlakukan bebas fiskal luar negeri bagi wajib pajak orang pribadi dalam negeri yang tidak memiliki NPWP dan telah berusia 21 tahun.

Bebas fiskal keluar negeri secara penuh itu merupakan pelaksanaan atas Pasal 25 ayat 8a UU Nomor 36 tahun 2008 tentang Pajak Penghasilan.

Sebelumnya pada periode 1 Januari 2009 hingga 31 Desember 2010, pembebasan fiskal luar negeri terbatas hanya pada beberapa kriteria tertentu, di antaranya bagi wajib pajak orang pribadi dalam negeri yang memiliki NPWP.

"Dengan pemberlakukan bebas fiskal luar negeri ini, maka terhitung 1 Januari 2011, semua masyarakat yang hendak bepergian keluar negeri tidak perlu lagi membayar fiskal luar negeri," kata Iqbal.

Menurut dia, pembebasan fiskal keluar negeri secara penuh ini, merupakan wujud kepedulian pmerintah dalam memberikan kemudahan bagi setiap masyarakat yang hendak keluar negeri. Dapat saja mereka pergi keluar negeri dalam rangka berobat atau melanjutkan studi.

Hingga saat ini, tarif fiskal keluar negeri adalah Rp2,5 juta untuk setiap orang sekali bertolak keluar negeri dengan menggunakan pesawat udara atau Rp1 juta untuk setiap orang sekali bertolak keluar negeri menggunakan angkutan laut.
(ANT/A024)
Sumber : antara

So!!! klo dah gratis gini, akan makin banyak orang yank ke luar negeri dengan  bebasnya, menurut teman-teman ini menguntungkan ato merugikan ?

9 comments :

  1. kabar mengembirakan, thanks informasinya ya ....
    lam kenal

    ReplyDelete
  2. Gak tau juga ya gimana dampaknya. Kurang ngerti yang beginian... :(

    Salam sayang dari BURUNG HANTU... Cuit... Cuit... Cuit...

    ReplyDelete
  3. Baguslah kalau bebas fiskal. Jadi pergi ke Bangkok serasa terbang ke Bali ya hehehe...

    ReplyDelete
  4. fiskal dihapus tapi diganti bea impor, ya sama aja
    lebih mendukung bebas fiskal buat yg punya NPWP sih, logikanya bisa jalan2 ke luar negeri brarti penghasilannya lumayan dan harusnya punya NPWP.

    kalo dihapus malah menguntungkan buat orang2 yg ga punya NPWP, udah kerja ga bayar pajak eh jalan2 ke luar negeri dapet bebas fiskal :D
    *jadi inget para wakil rakyat yg gajinya gede tapi ga punya NPWP*

    ReplyDelete
  5. Sptnya fiskal gratis gak ngaruh deh buatku yg gak pernah ke luar negeri ini... hehehe

    ReplyDelete
  6. Kira2 apa ya pertimbangan pemerintah memberlakukan fiskal gratis ini?

    ReplyDelete
  7. jadi pengen ke SIngapore neh ^^

    ReplyDelete
  8. info yg bagus

    salam kenal mas Ario,

    mhon do’a jg atas kabar duka di http://kakmila.wordpress.com/2011/01/04/semangat-sembuh-untuk-sausan/

    ReplyDelete
  9. wah moga pertimbangan ini memang dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk pemerintah dan masyarakat juga tanpa dipersulit dalam hal fiskal untuk melakukan perjalanan ke luar negeri,

    ReplyDelete