Monday, April 12, 2010

Perjalanan Handphone Dari Waktu Ke Waktu

Pada posting ini saya akan sedikit mengulas tentang telephone seluler atau yang lebih dikenal dengan ponsel alias handphone alias HP, pada hampir 2 dasawarsa terakhir Handphone merupakan suatu alat yang banyak dicari, dan dimiliki oleh seluruh makluk yang bernama manusia di muka bumi ini. Fungsi dari handphone pada awalnya adalah sebagai media komunikasi suara, tetapi pada satu dasawarsa terakhir ini fungsi dari handphone itu sendiri semakin berkembang.



Yang sebelum nya pada tahun 1980-an hanya sebagai media telekomunikasi berbasis suara dengan media frekuensi radio tertentu , kemudian tahun 1990-an mulai perusahaan handphone mengecilkan ukuran nya dari sebesar dan setebal batu bata menjadi hanya sebesar bungkus rokok. Pengembangan tidak sampai disitu, pada tahun 1990 juga mulai di masukkannya game pada handphone, fungsi timer, fungsi pengingat atau remainder, alarm.

Selain itu pengembangan juga dilakukan pada data dimana direncanakan nantinya layanan data akan digabungkan dengan layanan seluler, al hasil pertengahan tahun 1990-an handphone mulai memperkenal kan kemampuan handphone untuk menerima layanan data meskipun hanya kecepatan rendah. Mereka menamainya 2G dengan layanan WAP sebagai andalannya.

Kemampuan terus ditingkatkan apalagi bersamaan dengan layanan data bentuk handphone semakin di perunik dan layar yang sebelumnya menggunakan layanan monocrome berubah menjadi layar berwarna, mulai dari 256 warna sampai sekarang yang menggunakan 65juta warna. Selain warna pada tahun 2000-an mulai di kenalkan layanan 3G yaitu layanan yang memudahkan pengguna handphone di seluruh dunia untuk berkomunikasi tidak hanya menggunakan suara tetapi juga dengan menggunakan gambardan video.

Begitu juga kemampuan handphone dalam menggunakan layanan data juga ikut dikembangkan, dari yang sebelumnya (2G) kurang dari 128 Kbps menjadi 384 Kbps atau jika kita gunakan untuk internet dari sebelumnya kecepatan hanya 0,sekian Kbps - 10Kbps meningkat jauh pada layanan 3G menjadi antara 5Kbps sampai (saya pernah download dengan kecepatan ini ) 40Kbps.

Belum berpuas diri, layanan handphone masih terus di kembangakan bahkan sekarang banyak handphone yang bisa berjalan layaknya laptop genggam dengan label smart phone. So, kita liat saja teknologi 3,5G  dan 4G yang katanya lebih segala-galanya dari teknologi 3G yang di sematkan pada handphone. Kira-kira fasilitas apa yang kita peroleh pada handphone masa depan yah ???

13 comments :

  1. wah dah 4 G ya punya ane masih 2G nich...

    ReplyDelete
  2. waduh, 3G aja blm pernah punya.. skrg udah ada 4G ya? Moga aja ntar bisa kebeli hehe..

    ReplyDelete
  3. Masih ingat dulu pernah punya HP Ericsson... gak bisa masuk kantong... dan bunyinya tit tit tit.. heheheh

    kalo skrg malah ketinggalan terus abis banyak banget model terbaru dan tidak sanggup membeli..
    hikss hikss

    ReplyDelete
  4. Kepada teman-teman ku.. hiks..hiks... nasib kita kok sama !!!

    ReplyDelete
  5. Saya jadi teringat handphone jadul yang dulu saya gunakan waktu SMA, kartu perdana masih mahal, kalo di kampung nyari sinyal susah. sampai sekarang masih tersimpan di dalam lemari kost saya.

    ReplyDelete
  6. betul sob..makin kesini tekhnology semakin berkembang dg pesat...yg terpenting kita lebih bijak dalam menggunakannya...


    salam, ^_^

    ReplyDelete
  7. waah ini persis pelajaran gue di smk nih
    hihihi

    ReplyDelete
  8. iya, makin lama makin keren aja perkembangan tenlogi..., semakindimudahkan dengan banyaknya tegnologi....,

    ReplyDelete
  9. Waduw...ponsel saya udah mendukung 3.5G tapi sama aja, operatornya masih belum mensupport...
    Jadi...pake seperti biasa aja, hehehhe...
    Kalo soal 4G, gak kebayang negbutnya kayak apa tuh :D

    ReplyDelete
  10. Yang jelas..untuk mendukung semua itu, operator juga harus terus mengembangkan layanannya agar ponsel2 itu gak sia2, tapi 3G atau 4G'nya emang bener2 bisa digunakan..

    ReplyDelete
  11. makin lama teknologi makin edan aja.. hehehehe
    apa lagi hape.... beuh......

    ReplyDelete
  12. Saya memilik Motorola W220 dan menurut saya sih itulah handphone paling canggih yang saya miliki saat ini. ;)

    ReplyDelete
  13. Meskipun hape saya agak jadul, yang penting PC saya lumayan canggih :)

    ReplyDelete