Thursday, September 3, 2009

Gempa Kemarin Ujian Atau Teguran

Kemarin saat gempa adalah berbarengan dengan meeting mingguan yang selalu di adakan setiap hari rabu, waktu itu kami satu divisi sudah ngumpul semua di ruang meeting. La kok gempa mengguncang, rasanya kaya lagunya mbah surip tak gendong kemana-mana weleh-weleh... spontan langsung lari mlayu lewat tangga darurat dari lantai 6. Yeah... kontan di bawah udah banyak orang yang juga berlarian menyelamatkan diri.

Korban Gempa 44 Tewas, Pengungsi 5.630 Jiwa

Kamis, 3 September 2009 - 08:31 wib
Irma Yani - Okezone
Foto: Dok. Okezone

JAKARTA - Gempa bumi berkekuatan 7,3 SR di Tasikmalaya, menelan korban tewas sebanyak 44 orang, 120 mengalami luka-luka, dan 5.630 jiwa mengungsi di tenda-tenda ataupun Puskesmas terdekat.

Sementara 42 orang masih dinyatakan hilang, terbanyak berasal dari wilayah Cibinong, Cianjur.

"Pengungsi 5.630 terpencar di beberapa daerah," ungkap Staf Penanggulangan Bencana Markas Pusat PMI Tia Kurniawan saat dihubungi okezone, Kamis (3/9/2009).

Menurutnya, saat ini belum ada data pasti mengenai jumlah korban akibat gempa yang turut mengguncang sejumlah daerah seperti Kabupaten Cianjur, Bandung, Tasikmalaya, Garut, Bogor, Sukabumi, dan Ciamis, hingga wilayah Jakarta tersebut.

Meski demikian, paparnya, 150 orang anggota PMI telah diterjunkan ke beberapa wilayah yang terkena bencana, di mana sebelumnya telah diterjunkan sebanyak 30 orang ke masing-masing wilayah.

"Kita mash menunggu rincian data, tapi PMI sudah menerjukan ke sana dari masing-masing cabang 30 orang, dan ada 150 orang yang standby 24 jam," tuturnya.

Para anggota PMI, tambahnya, kini tengah melakukan pengkajian data dan pertolongan pertama. Untuk pertolongan selanjutnya, PMI pusat masih menunggu informasi pasti dari masing-masing anggota yang berada di lokasi guna menentukan tindakan selanjutnya.

"Karena data masih simpang siur, jika sudah jelas maka kita bisa tentukan kebutuhannya apa," tegasnya.

Hingga saat ini, PMI telah mengirimkan bantuan selimut ke wilayah Bandung, dan tenda pleton ke daerah Pangalengan. Selain itu, sebanyak 500 terpal untuk penampungan sementara dan 500 paket perlengkapan kebersihan (hygiene kit), perlengkapan keluarga (family kit), dan 100 body bag telah di kirimkan ke sejumlah lokasi.

(lam)

Sumber : Okezone.com

Gempa kemarin ujian atau teguran... tolong renungkanlah wahai manusia... mumpung masih kita di kasih kesempatan pada bulan yang penuh rahmat dan barokah.

1 comment :

  1. Semoga gempa di bulan yang penuh berkah ini menjadikan kita mawas dengan hidup yang kita jalani.

    ReplyDelete