Wednesday, December 3, 2008

Lagi Sibuk Training Nih

Hallo posting kali ini pake bahasa Indonesia aja ya... karena males nulis inggris nya, makasih buat temen2 yang dah bersedia membetulkan inggris saya yang acak kadul... he..he..he.. udah lama banget aku gak nulis blog ya, ini karena ada training yang membuat aku jadi sok sibuk... ada oleh2 nih buat temen2 ya itu tentang pengkelasan pesawat.

Misal nih, kadang kala saat kita terbang anda mungkin pernah tanya pada orang sebelah tentang harga tiket, dengan tempat yang sama, kursi juga sama, penerbangan juga sama, jam yang sama kok harganya berbeda... ini di karena kan adanya sistem pengkelasan pentarifan yang berlaku pada masing2 airlines.

Sekedar informasi aja kelas di civil aviation atau angkutan udara di bagi menjadi 2 kelas besar, yaitu kelas C (Charlie) atay bisnis dan Y (yengki) ekonomi, dan kelas Y sendiri di bagi menjadi beberapa macam turunan misal ada kelas M, N, ... dan yang paling murah adalah kelas X.

Nah masing2 turunan kelas Y tersebut juga mempunyai perbedaan harga, misal kelas M (yang turun kelas Ekonomi) harga JKT-SUB 850.000 dan kelas X (yang juga turunan kelas ekonomi) JKT-SUB harga 590.000. Dalam satu penerbangan, jam yang sama, pesawat yang sama dan kelas yang sama terjadi perbedaan.

Perbedaan ini biasanya terjadi karena ada perbedaan validitas tiket itu sendiri, misal kelas M harga JKT-SUB 850.000 mempunyai validitas tiket 21 hari, sedangkan kelas X JKT-SUB harga 590.000, karena kelas paling rendah maka validitas tiket nya tidak ada alias jika anda tidak terbang pada jam dan hari yang tertera di tiket maka tiket anda di angap hangus.

So... jangan kaget jika harga tiket penumpang sebelah anda lebih murah atau lebih mahal...

23 comments :

  1. Wah, kalo gitu enakan orang yang harga tiketnya murah dong.

    ReplyDelete
  2. ooo perbedaan fasilitasnya gt. kl posisi duduk mempengaruhi harga g sih??? soale aku kok gak pernah dpt tempat di depan ya, mesti ditengah.

    ReplyDelete
  3. tahunya harga tiket bisnis ama ekonomi aja, klo pun ada perbedaan gitu yaa...urusan si boss sih bukan urusanku :D

    ReplyDelete
  4. Wah saya baru tahu kalo kelas2 itu artinya begitu. Thx, soalnya suka heran ini kenapa ada kelas ini itu, toh sama2 ekonomi juga... :)

    ReplyDelete
  5. wah menarik nih. Bagaimana caranya bisa mendapatkan tiket kls x? Apakah distribusinya ke travel agent tertentu saja, atau acak...?

    ReplyDelete
  6. kok bisa gitu ya?sistem random kah? wuih..binun nih saya,heheheh.

    ReplyDelete
  7. oh bgtu tho, slama ini masih blm tau perihal itu. Mksh infonya mas :)

    ReplyDelete
  8. Saya selalu pilih yang paling murah, walaupun sedikit lebih repot, hehehe (kecuali kalau ongkos jalannya direimburse, hehe)

    ReplyDelete
  9. Jangan lupa nanti terbang ke Amsterdam ya Bro...:-)

    ReplyDelete
  10. o walah begono to ... baru tau aku

    ReplyDelete
  11. wah sy ga pernah naek angkutan udara. maklum anak desa..biasanya cm naek andong..

    ReplyDelete
  12. iya tuh...makanya aku kalo beli tiket, milih yg validitynya lbh singkat aja kalo memungkinkan. kalo pasti berangkatnya, pilih yg gak angus

    ReplyDelete
  13. o gitu toh, tapi saya belum pernah naik pesawat, jadi kagak tau dah :)

    ReplyDelete
  14. sbetulnya ga begitu enak naek pswat. Paling enak naek kereta. Tp kalo mau cepet ya terpaksa deh. Apalagi buat gue yg di pulau nun jauh di sana :mrgreen:

    ReplyDelete
  15. Bener jg kata Tigis, enak naik kereta.. tp itu krn di Purworejo (rumah ortuku) belum ada bandara.. hehehe...

    ReplyDelete
  16. pastinya sekarang dah kelar trainingnya :)

    hehe, saya dah tau masalah harga a - z, soalnya dah pernah issued tiket wkwkw

    ReplyDelete
  17. waaaah, ternyataaa, begitu yaaah, Hohohoho....
    baru tau saia :)

    ReplyDelete
  18. Halo sobat gimana kabarnya di kantor yang baru

    ReplyDelete