Monday, February 23, 2015

Sedang Menikmati Indahnya Berjualan Online

Saat ini saya sedang menikmati indahnya berjualan online, semua rasa mulai rasa senang (karena mendapatkan keuntungan yang lumayan apa lagi kalau yang beli sehari banyak) sebel (para pembeli biasa nya sering tanya saja tanpa beli, atau tanya sesuatu yang sudah saya tulis di lapak saya yang mengharuskan saya mengulang lagi infonya.) atau sedih (kalau dalam sehari ga ada yang beli, atau pengiriman ada masalah).

Selain itu masih banyak rasa seperti bangga dalam diri bisa juga mempraktikkan ilmu-ilmu manajemen marketing atau pemasaran yang selama ini hanya di pelajari dalam bangku  kuliah. Namun setelah saya praktikkan pada pemasaran online ternyata ilmu tersebut tidak sebenarnya dapat bekerja dengan baik.

Bahkan dibeberapa waktu dan kesempatan muncul teori baru pemasaran pada saat berjualan online (waduh bisa juga buat desertasi nih), contohnya setelah lebih dari 8 bulan lebih saya berjualan online di internet ternyata 30-50% penjualan saya dikarenakan kepercayaan konsumen kepada penjual.

Yang saya maksud disini adalah pembelian ke-2, ke-3 dan seterusnya menyumbang 30%-50% dari penjualan mingguan saya, ternyata dalam penjualan online kepercayaan setelah pembeliaan pertama (lebih tepatnya pengalaman pembelian pertama) mendorong orang untuk membeli lagi ke tempat yang sama meskipun ditempat lain mungkin ada yang agak murah dikit harganya.

Untuk itulah mungkin tips saya kepada teman-teman yang ingin membuka toko online, yakin lah terus berusaha meskipun biasanya pada beberapa bulan pertama jarang pembelian. Kemudian berupayalah melayani konsumen sebaik mungkin, karena jika konsumen online puas dapat dipastikan pembelian ke- atau ke-3 dan seterusnya akan selalu ditujukan kepada anda.

Satu lagi dalam pembayaran dan komunikasi antara pembeli dan penjual berikan fleksibilitas misalnya untuk pembayaran bisa menggunakan Bank A, Bank B dan Bank C. Sedangkan untuk menghubungi penjual mungkin bisa menggunakan lebih dari 1 satu jalur misalnya menggunakan SMS, Whatsapp, Kakao atau BBM.

Semoga tips singkat ini berguna..!!

2 comments :

  1. Info bagus.. saya juga selaku customer kalo udah sreg sama satu seller udah tinggal langganan aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener gan... makanya belajar untuk membuat pelanggan loyal

      Delete