Friday, October 7, 2011

Tips Mengatasi Blackberry 8310 Sering Loading

Setelah sebelumnya mendapatkan keajaiban setelah bulan Puasa yaitu mendapatkan pinjaman Blackberry dari sepupu. kali ini saya akan sedikit bahas tentang tips Blackberry 8310 atau untuk seri 83XX. Tips kali ini adalah hasil dari pengalaman pada saat awal-awal saya menggunakan Blackberry 8310, dimana BB jenis 83XX mempunyai memori yang sangat kecil sehingga untuk multi tasking atau kegiatan lebih dari dua aplikasi akan terasa lambat.



Selain lambat blackberry tipe ini akan sering loading sendiri dengan frekuensi loading yang sering dan lama (rata-rata saat keluar jam pasir selalu lebih dari 15 detik), hal ini lah yang bikin aku kesal. Tapi sebenarnya aku sadari kalau memang aplikasi saat ini kebanyakan memang bukan diperuntukkan buat BB tipe 83XX.

Kemudian ada ide untuk searching di google tentang "blackberry 8310 sering loading" dan hasilnya seperti berikut ini:

9 Tips Manajemen Memory Internal BlackBerry. Salah satu kelemahan dari BlackBerry adalah kita tidak bisa menginstall aplikasi di dalam Media Card. Oleh karena itu, kita harus me-manage memory internal BlackBerry kita dengan baik. Berikut beberapa tips bagaimana me-manage memory blackberry: 
1. Hapus (delete) semua messages yang tidak penting, baik itu email atau sms/mms. Email dengan attachment yang besar usahakan baca hanya melalui PC. 
2. Hapus (delete) browser cache. Caranya: buka browser, klik menu (logo bB), klik options, klik cache operations, klik clear history. 
3. Tutup semua conversation yang tidak penting di bbmessenger, YM, GT, MSN, dan lain-lain. 
4. Hapus (delete) cache di aplikasi FB. Caranya: buka FB, klik menu (logo bB), klik options, klik clear cache. 
5. Hapus (delete) semua miss calls. Caranya: buka "messages", klik menu (logo bB), klik view folder, klik missed calls, klik menu, klik delete prior. 
6. Hapus (delete) phone call logs. Caranya: buka "messages", klik menu, klik view folder, klik phone call log, klik menu, klik delete prior. 
7. Hapus (delete) event log. Caranya: dari Home Screen tahan tombol alt, lalu klik hurur L G L G, lalu tekan menu (logo bB), klik clear log. 
8. Bersihkan temp memory. Caranya: buka "options", klik security options, klik memory cleaning, klik menu (logo bB), klik clean now, klik save. 
9. Lakukan Soft Reset. Caranya: tekan alt - shift (aA) kanan - del secara bersamaan, tahan kira-kira 3 detik (sampai screen mati). 
Tips diatas tidak menjamin 100% membuat bb anda kembali pada kondisi prima, cuma selama ini saya sudah praktikkan lumayan mengurangi intensitas loading atau dapat dibilang sudah jarang terjadi loading di bb. Semoga ada tips di atas dapat bermanfaat bagi pengguna BB, mohon klo ada tambahan tips silahkan di tambahkan di komen.

Source: Tips n Trik agar Blackberry tidak cepat lemod (loading mulu, dll..)... :)

13 comments :

  1. nice tips nih..saia rasa ini juga berlaku buat tipe bb lainnya :)

    ReplyDelete
  2. Lima tahun tak jemu-jemu nulis ...

    leren disik, mas

    :)

    ReplyDelete
  3. banyak ilmu dan wawasan yang saya dapatkan disini, khususnya yang aku baca saat ini tentang tips-tips, terimakasih dan salam ukhuwah wahai sauadaraku.

    ReplyDelete
  4. Numpang komentar nih, blog dan artikelnya bagus juga, komentar juga ya di blog saya www.memebee.net

    ReplyDelete
  5. se sering-seringnya hapus delete pasti lama-lama jg bt ya mas.. harusnya itu upgrade ke gemini aja heuheuheu

    ReplyDelete
  6. thx ilmunya :D share lagi ya...

    ReplyDelete
  7. aku ga punya BB jadi ga bingung ya....

    salam kenal

    ReplyDelete
  8. terima kasih mas buat tipsnya, dan semoga saja bisa membantu mengatasi masalah loading pada BB saya ni

    ReplyDelete
  9. klo loading terus2an mpe berjam2 gimna tuh ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayanya OS nya perlu di Install ulang gan, atau kebanyakan aplikasi mungkin

      Delete